Ndangkusnadi’s Weblog

Pengertian / Istilah Pertanggungjawaban Anggaran

Posted on: September 24, 2008

Dalam pengelolaan/ pertanggungjawaban anggaran digunakan beberapa istilah yang pengertiannya telah tersurat pada peraturan-peraturan tentang keuangan negara. Beberapa istilah yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :

a.      Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang dibuat oleh Menteri/Pimpinan Lembaga serta di sahkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan atas nama Menteri Keuangan dan berfungsi sebagai dokumen pelaksanaan pembiayaan kegiatan serta dokumen pendukung kegiatan akutansi pemerintah.

b.      Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran adalah Inspektur Jenderal atau pejabat yang ditunjuk untuk bertanggungjawab atas pengelolaan anggaran di lingkungan Departemen Agama.

c.       Bagian Anggaran adalah bentuk pengalokasian anggaran negara yang didasarkan atas unit organisasi atau fungsi tertentu

d.      Surat Perintah Membayar (SPM) adalah dokumen yang digunakan/diterbitkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran untuk mencairkan alokasi dana yang sumber dananya dari DIPA

e.      Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) adalah surat perintah membayar langsung yang dikeluarkan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran kepada pihak ketiga (rekanan) atas perjanjian kontrak kerja (Surat Perintah Kerja) atau yang sejenisnya.

f.        Uang Persediaan adalah sejumlah uang yang disediakan untuk satuan kerja dalam dalam melaksanakan kegiatan operasional sehari-hari.

g.      Surat Perintah Membayar  Persediaan (SPM – UP) adalah surat perintah membayar yang diterbitkan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran yang dananya dipergunakan  sebagai uang persediaan untuk membayar kegiatan operasional kantor sehari-hari.

h.      Surat Perintah Membayar Penggantian Uang Persediaan (SPM-GU)  adalah surat perintah membayar yang diterbitkan oleh pengguna  anggaran/ kuasa pengguna anggaran dengan membebani DIPA yang dananya dipergunakan untuk menggantikan  uang persediaan yang telah dipakai.

i.         Surat Perintah Membayar Tambahan Uang Persediaan (SPM – TU) adalah surat perintah membayar yang diterbitkan oleh pengguna anggara/kusa pengguna anggaran karena kebutuhan dananya melebihi dari Pagu Uang Persediaan yang ditetapkan.

j.        Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) adalah Kepala Bagian Umum, pejabat yang diberi kewenangan untuk membantu Inspektur Jenderal dalam menerbitkan keputusan yang berkaitan dengan kepegawaian, mengadakan ikatan/perjanjian/kontrak kepada pihak ketiga dan pengangkatan panitia dalam rangka pengadaan barang/jasa dan surat perintah lainnya yang berhubungan dengan tugas pelaksanaan kegiatan.

k.       Pejabat Penerbit SPM adalah pejabat yang diberi kewenangan untuk menguji, menerbitkan dan menadatangani Surat Perintah Membayar (SPM)

l.         Atasan Langsung Bendahara adalah pejabat yang diberi kewenangan untuk melakukan tindakan yang mengakibatkan terjadinya pengeluaran anggaran belanja.

m.     Bendahara Pengeluaran adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang untuk keperluan belanja negara dalam rangka pelaksanaan negara pada kantor satuan kerja kementerian / lembaga.

n.      SPP adalah Surat Permintaan Pembayaran yang diterbitkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen/Pejabat yang ditunjuk, ditujukan kepada Pejabat Penerbit SPM untuk diterbitkan SPM;

o.      KPPN adalah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara selaku Kuasa Bendahara Umum Negara

p.      SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) yang diterbitkan oleh KPPN.

q.      Surat Perintah Perjalanan Dinas yang selanjutnya disebut SPPD adalah surat perintah kepada Pejabat Negara, Pegawai Ndgeri, dan Pegawai Tidak Tetap untuk melaksanakan perjalanan dinas

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: